Skip to main content

Wabah Virus West Nile di Amerika

Akhir akhir ini banyak jenis penyakit dan virus baru bermunculan, ada penyakit flu burung, flu babi dan ada di Indonesia yang orangnya jadi lemas apa ya namanya lupa... ah baru ketemu ditambahi ya Cikungunya, nah ini penyakit lama tapi kambuh lagi di Amerika Wet Nile Virus, jangan jangan mirip dengan Cikungunya ya?. Begini ceritanya:

Di Negara Ilinois west nile virus pertama kali ditemukan pada bulan September 2001 dari hasil test laboratorium yang diperiksa dari korban yang meninggal di lokasi Chicago. Negara bagian amerika dan Negara sekitarnya yang tercatat pernah terkena wabah virus ini ada sekitar 102 negara, dimana virus tersebut menginveksi antara lain manusia, burung, kuda dan nyamuk.

Pada akhir tahun 2002, Negara Illinois mendata yang menderita sakit ini ada 884 dan 67 diantaranya meninggal dunia, data ini tidak termasuk data dari Negara bagian amerika yang lain. Pada tahun 2003, Colorado dilaporkan yang paling besar menderita karena penyakit ini, ada 2.947 kasus orang terinfeksi West Nile Virus dan di Illinois sendiri menurun, terdapat 54 kasus dan 1 orang meninggal, tapi pada tahun 2004 meningkat lagi ada 60 kasus dan 4 meninggal dunia. Pada tahun 2005 di Illinois ada 252 kasus dan 12 orang meninggal. Pada tahun itu Kalifornia menempati urutan ke dua yaitu ada 880 keseluruhan kasus di US 19 orang meninggal dunia.

Virus West Nile ini pertama kali ditemukan sebenernya di Afrika pada tahun 1937 di sungai nil sebelah barat. Tapi kenapa pindah ke Amerika, gak tahu? Dari pengecekan laboratorium di US center, dari sejak tahun 1999 ada lebih dari 15.000 orang di US positif terinfeksi oleh virus ini dan 500 orang meninggal dunia. Virus ini datangnya dari gigitan nyamuk yang terinfeksi oleh virus ini juga tentunya, mungkin kasusnya mirip seperti malaria. Nyamuk itu memindahkan West Nile Virus dari orang ke orang. Jadi memang bisa cepat menjalar jika perpindahan nyamuknya cepat, apalagi kalau nyamuk terbawa angin tentu saja bisa pindah tempat dengan cepat.

Orang yang terinfeksi penyakit ini mempunyai gejala demam seperti sakit flu, merasa gak enak body. Orang yang punya system kekebalan tubuh normal biasanya gak akan parah, tetapi pada orang orang tua penyakit ini membuat orang tersebut menjadi sakit yang parah dan beresiko meninggal dunia.

Comments

Popular posts from this blog