Skip to main content

Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total atau Total Eclipse terjadi pada hari Ini Jum'at 1 Agustus 2008 jam 16:23. Tapi sayangnya gerhana ini hanya bisa diamat di wilayah utara seperti, Kanada menuju Greenland bagian Utara, Arktik, Rusia bagian tengah, Mongolia, dan berakhir di China.

Bayangan umbra bulan akan melintas mulai dari Kanada menuju Greenland bagian Utara, Arktik, Rusia bagian tengah, Mongolia, dan berakhir di China. Masyarakat di negara tersebut bisa langsung menyaksikan gerhana matahari total. Sayang, gerhana ini tidak bisa diamati dari wilayah Indonesia.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Pada gerhana matahari total, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu, piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak bumi-bulan dan bumi-matahari.

Comments

Popular posts from this blog