Skip to main content

Gempa Hebat di Aceh

Baru dua hari yang lalu aku tulis tentang GAM, eh terjadi gempa lagi di Aceh dengan kekuatan 7,5 skala Rihter. Apa ini merupakan peringatan buat para GAM atau para penguasa di Aceh? Atau bagi penduduk Aceh, wah gak tahu ya?

 

Pusat gempa berada dikota Sinabang yang agak jauh dari kota sehingga tidak terlalu besar di perkotaan Aceh yang hanya sekitar 5,5 sampai 6 skala Rihter, tapi ya lumayan menakutkan, karena di Medan pun masih terasa kuat gempanya, dan untungnya lagi tidak sampai terjadi keretakan lempeng di tempat gempa sehingga tidak sampai terjadi tsunami.

 

Lempeng di samudra Hindia di Aceh ini memang menyambung sampai ke sebelah timur Sulawesi, sehingga efek dari gempa tektonik di Aceh ini menyebabkan gelombang laut yang cukup besar di pantai selatan, dan terutama di Nusatenggara Barat. Ini mungkin lempengnya mencuat di daerah ini sehingga timbul gelombang besar di Nusatenggara. Kita tunggu saja hasil survey dari para ahli gempa ini.

 

Akibat dari adanya gelombang laut yang besar di laut utara maupun selatan Jawa ini menyebabkan terhalangnya pasokan batubara ke Jawa sehingga PLN pun kekurangan batubara untuk membuat generator listriknya berjalan. Di Jakarta sendiri diberlakukan pemadaman listrik bergilir selama maksimal 5 jam. Sedang batubaranya sendiri berasal dari Lampung atau dari Kalimantan sehingga perjalannya terhambat untuk mensuplay kota Jakarta ini. Padahal secara normalnya stok batubara di tempat pembangkit listrik seharusnya minimal 1 atau 2 minggu, dan kalau gelombang laut yang besar ini bisa diprediksi kapan terjadinya, seharusnya bisa distok lebih banyak. Tapi kenapa sampai kehabisan stok ya? Aku sendiri gak tahu...... apa bayarannya kurang lancar?? Yah mudah mudahan cepat teratasi, sehingga Jakarta bisa terang lagi, kasihan sudah kebanjiran terus kegelapan lagi.

Comments

Popular posts from this blog